Seo Services

BAHAYA MARGIN CALL


Oke kita lanjut ke pembahasan yang tidak kalah pentingnya dalam dunia perdaganagn di valas,yaitu tentang Margin Call dan ini erat kaitanya dengan penggunaan Leverage.Untuk memanfaatkan leverage, seorang pelaku pasar atau trader atau pedagang perlu memiliki cadangan dana dalam jumlah memadai di rekeningnya untuk menutupi risiko kerugian yang bisa terjadi. Setiap broker memiliki persyaratan yang berbeda dan mewajibkan Trader Ritel untuk memiliki setidaknya 50% Ekuitas dari Margin yang Digunakan pada rekening MetaTrader.

Kita ambil contoh lagi, jika nilai posisi sesungguhnya adalah $13.270; untuk rekening perdagangan di MetaTrader, dengan sistem leverage, Anda hanya perlu menginvestasikan $663,5 dari modal, dan jika Anda memiliki 50% dari marjin yang digunakan dalam ekuitas, yaitu $331,75, posisi tersebut akan tetap terbuka. Namun, jika Anda mengalami kerugian dan Ekuitasnya turun di bawah nilai 50% dari margin yang digunakan pada rekening MetaTrader, broker akan menutup posisi klien, yang disebut sebagai “Margin Call”.,semua posisi klien akan ditutup, sementara MetaTrader  akan menutup posisi dengan tingkat kerugian terbesar terlebih dahulu, dan akan terus menutup posisi hingga tingkat ekuitas kembali di atas nilai 50% dari margin yang digunakan.

Contoh lain,missal pada suatu broker menyediakan 2 jenis account yaitu Account Pro dan Account Non Pro
Kita asumsikan, harga untuk satu Troy ons Emas adalah $1.327. Maka Pedagang yakin bahwa nilainya akan naik berdasarkan analisanya dan ingin membuka posisi pembelian sebesar 10 unit. Harga penuh untuk posisi ini adalah $13.270, yang merupakan suatu risiko besar, dan banyak pelaku trading yang tidak memiliki jumlah tersebut. Dengan leverage 200:1 yang ditawarkan oleh broker tersebut, atau marjin sebesar 0,50%, jumlah yang Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas perdagangan akan berkurang secara substansial. Artinya, untuk setiap posisi bernilai $200, Anda hanya perlu menginvestasikan $1 dari akun Anda, atau hanya $66,35 saja.

Baca Juga Tentang : Tipe Perdagangan

Mengacu pada contoh di atas akan kita bahas tentang Margin Call dengan tingkat leverage yang berbeda
Maka untuk memanfaatkan leverage, seorang pelaku trading perlu memiliki cadangan dana dalam jumlah memadai di rekeningnya untuk menutupi risiko kerugian yang bisa terjadi. Setiap broker memiliki persyaratan yang berbeda, dan mewajibkan Trader tersebut untuk memiliki setidaknya 10% Ekuitas dari Margin yang Digunakan pada. Kembali ke contoh di atas, nilai posisi sesungguhnya adalah $13.270; untuk rekening perdagangan tersebut , dengan sistem leverage, Anda hanya perlu menginvestasikan $66,35 dari modal, dan jika Anda memiliki 10% dari marjin yang digunakan dalam ekuitas, yaitu $6,64, posisi tersebut akan tetap terbuka.

Namun, jika Anda mengalami kerugian dan Ekuitasnya turun di bawah nilai 10% dari margin yang digunakan pada rekening MetaTrader 4 dan Options, broker akan menutup posisi klien, yang disebut sebagai “Margin Call”. Semua posisi klien akan ditutup, sementara MetaTrader akan menutup posisi dengan tingkat kerugian terbesar terlebih dahulu, dan akan terus menutup posisi hingga tingkat ekuitas kembali di atas nilai 10% dari margin yang digunakan.
Semoga sedikit penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Memahami Leverage bersama Metode SOLUSI BISNIS DAN INVESTASI (BSI)
Seperti yang sudah saya sampaikan tersebut bahwa setiap broker menawarkan banyak instrumen dan setiap instrumen dan memiliki memiliki penawaran Leverage tersendiri yang juga dapat berubah berdasarkan platform yang dipilih oleh pedagang. Misalkan saja di MetaTrader4 Anda dapat menikmati Leverage hingga sebesar 1:500. Sebagian besar pasangan mata uang memiliki Leverage terbesar, kemudian beberapa logam seperti emas memiliki tingkat leverage sebesar 1:200 , minyak mentah sebesar 1:100, dan logam lain seperti perak dan platinum sebesar 1:50 (sekali lagi ini hanya misalkan saja sebagai contoh).
Maka sebagai pedagang kita sangat penting untuk mengetahui besarnya leverage di sebuah platform tertentu sebelum melanjutkan perdagangan dan, untuk menghindari margin call, maka selalu pastikan anda memiliki saldo ekuitas yang memadai di akun sehingga anda dapat melanjutkan berdagang tanpa kecemasan

Baca Juga Tentang : Tipe Perdagangan
BAHAYA MARGIN CALL BAHAYA MARGIN CALL Reviewed by SOLUSI BISNIS DAN INVESTASI (SBI) on 9:36 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.